Senin, 12 Januari 2015

Manfaat Sabun Zaitun


Manfaat Zaitun

Sabun alami/herbal/natural dari minyak zaitun sudah tidak diragukan lagi manfaatanya. Pohon zaitun ( Olea Europea ) termasuk famili oleacea memegang peran yang sangat penting, merupakan lambang keagungan, kedamaian, kemurnian, dan kemakmuran. Tanaman zaitun memiliki tinggi 3 meter sampai 12 meter atau lebih banyak cabang dan daun berbentuk belati bagian atas berwarna hijau dan bagian bawah berwarna keperakan. Buah zaitun yang akan digunakan untuk produksi minyak dibiarkan sampai masak benar, sedangkan buah zaitun yang akan digunakan utnuk makanan dipanen saat belum matang.

Minyak zaitun merupakan minyak makan yang paling pertama diproduksi di dunia. Minyak Zaitun yang terasa sedikit manis dengan nutty flavor tersebut sangat populer disebabkan bukan hanya sekadar citra rasanya, melainkan juga nilai gizinya yang baik. Minyak zaitun tinggi kandungan vitamin E-nya karena itu tidak mudah tengik. Vitamin E tergolong dalam senyawa anti oksidan, zat antitengik.

Minyak zaitun telah lama dimanfaatkan sebagai baham kosmetik utnuk kecantikan wanita. Dapat dioleskan pada kulit badan atau digunakan sebagai bahan masase tubuh, paha, dan muka. Apabila digunakan secara teratur sebagai skin lotion , kulit akan tampak sehat dan halus.

Minyak zaitun juga dimanfaatkan sebagai bahan oles (skin lotion) bagi perut yang menderita bercak bercak karena sedang hamil atau habis melahirkan. Dengan masase pada kulit perut secara teratur, bercak yang tidak tersebut dapat hilang. Hal itu disebabkan minyak zaitun tinggi kandungan zat anti oksidan alaminya yang mampu memperkuat membran sel sel tubuh sehingga tahan terhadap serangan radikal bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar