Senin, 12 Januari 2015

Manfaat sabun susu

Manfaat dan Kandungan Susu

          Susu adalah suatu sekresi yang komposisinya sangat berbeda dari komposisi darah yang merupakan asal – usul susu. Komposisi susu sangat beragam tergantung pada beberapa faktor tetapi rata – rata untuk semua jenis kondisi adalah ;

Lemak 3.9 %
Protein 3.4 %
Laktosa 4.8 %
Abu 0.78 %
Air 87.10 %

Bersama bahan lain dalam jumlah yang sangat sedikit seperti sitrat, enzim, fosfolipida, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Air merupakan bagian yang terbesar dari kandungan susu. Susu dari berbagai macam jenis binatang rata – rata komposisinya seperti tabel 2. 1 berikut ini;

Komposisi rata – rata susu dari berbagai jenis binatang



Sebaiknya diingat bahwa komposisi nutrien ( bahan gizi ) dalam susu sangat ideal, meskipun kandungan kalsium dan fosfornya relatif rendah ( dibanding obat obatan ). Namun ada trace elemen lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin D dan lemak. Komposisi nutrien yang lengkap sangat mendukung penyerapan, penyimpanan, pemanfaatan dan keseimbangan ion – ion mineral ( termasuk ) kalsium secara maksimal dalam tubuh. Fakta tentang susu yang sebaiknya diketahui;
1. Susu mempunyai variasi vitamin yang lebih banyak dari jus jeruk, lebih banyak mineral dari pada air mineral, energi yang lebih tahan lami daripada minuman berenergi.
2. Susu adalah protein dalam kualitas tinggi.
3. Adalah sumber alami terbaik dari pada kalsium.
4. Susu menyediakan bahan gizi pembentuk tulang seperti vitamin D dan fosfor.
5. Susu merupakan sumber yang sangat kaya vitamin B kompleks seperti vitamin B2 (riboflavin) dan B12.
6. Susu menjaga pengeroposan gigi.
7. Susu secara alami merupakan sumber multi vitamin, 2 gelas susu sehari menyediakan kebutuhan
    protein, vitamin, A, B2, B12 dan kalsium.

         Dalam dunia kecantikan susu dipakai untuk mandi susu, agar kulit menjadi halus dan mulus. Susu selain menyehatkan tubuh ternyata juga dapat digunakan untuk melembutkan kulit. Dalam penggunaannya dicampurkan sebagai ramuan di saat mandi. Mungkin Anda sudah kenal dengan perawatan tubuh yang dinamakan mandi susu yang biasa banyak ditawarkan di beauty house.

Misalnya yang satu ini, campuran susu dan tomat sebagai pembersih sekaligus pemutih wajah. Asam laktat yang terkandung di dalam susu, serta fruit acid (asam buah) pada tomat mempunyai daya untuk 'melakukan' peeling (pengelupasan) secara halus pada kulit wajah. Ditambah lagi, buah tomat diyakini mengandung vitamin A, B dan C yang tentunya baik untuk kulit wajah.

Susu sebagai pangan tambahan (food supplement) dapat mengurangi gangguan kesehatan bagi penderita penyakit pernapasan, seperti asma, bronkitis, tuberculosis (TBC), osteoporotis, asam urat, dan gangguan rematik.

Khusus bagi wanita yang umumnya sering mencurahkan perhatian pada kecantikan kulit, sabun alami/herbal/natural susu dapat meningkatkan kehalusan kulit, dengan cara luluran tubuh. Ini dikaitkan dengan perbaikan kondisi lemak. Sementara untuk laki-laki, bisa mengatasi gangguan impotensi, di samping menjaga kesegaran tubuh secara umum.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar